Sabtu, 16 Juni 2012

MENETAPKAN STRATEGI PRODUK


MENETAPKAN STRATEGI PRODUK

Produk adalah segala sesuatu yang memiliki nilai disuatu pasar sasaran dimana kemampuan memberikan manfaat kepuasan termasuk benda, jasa, organisasi, tempat, orang dan ide., (Cravens. W.D, (1996), “Pemasaran Strateg”i).
Perusahaan Dalam memproduksi   harus memperhatikan 2 hal, yaitu mutu dan biaya, menciptakan produk yang bermutu akan memberikan persaingan dan bertahan lama di pasar , sementara dengan memproduksi produk yang mutu rendah akan melemahkan produk dalam persaingan dengan yang produk lainya.
Tahap menetapkan strategi produk.
  1. Mutu produk
  2. Analisa produk
  3. Pengembangan produk

1.       MUTU PRODUK
Menurut   W. Edward Deming bahwa memperbaiki mutu seluruh proses bisnis akan meningkatkan keragaman produk yang dihasilkan, mengurangi pemborosan tenaga kerja, waktu kerja mesin, dan pemakaian produk. Dalam menghasilkan produk diusahakan menekan biaya produksi serendah-rendahnya tampa mengurangi mutu produk.
Tiga Strategi perbaikan mutu,
1.       Budaya mutu
2.       Pandangan bisnis terhadap proses
3.       Metode statistic

2.       ANALISA PRODUK
Memberikan gambaran pada manajemen  dalam strategi produk

3  strategi produk  yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam memperbaiki kinerja bisnis, yaitu,
  1. Memperkenalkan produk baru
  2. Memodifikasi produk..
  3. Menghapus produk.
1.1. Memperkenalkan produk baru
Dalam tahap awal produk yang dimunculkan harus mampu memenuhi keinginan pasar, 3 strategi yang dilakukan dalam peluncuran pertama, yaitu, strtegi relung tunggal (single niche strategi), strtegi relung ganda (multiple niche strategi),strategi pasar masal  (mass market strategi). Kotler, hal.402)
1.2. Memodifikasi Produk.
Beberapa langkah dalam memodifikasi produk, yaitu perbaikan mutu, perbaiki fitur, perbaiki gaya. (kotler, hal, 369)
1.3. Menghapus produk.
Mengahapus produk yang tidak bisa bersaing dipasaran agar mencegah perusahaan dari kerugian.

Konsep siklus hidup produk., (kotler, hal. 401)
-          Tawarkan produk baru
Suatu periode perkenalan produk pada pasar, biaya-biaya besar, laba belum ada
-          Tawarkan perluasan produk, pelayanan, jaminan
Suatu periode peneimaan pasar yang sangat cepat dan laba meningkat dengan pesat.
-          Diversifikasi merek dan model
Pada fase ini, pertumbuhan penjualan lambat, laba naik turun, sesuai dengan kemampuan perusahaan dalam melakukan promosi dan mempertahankan produk dari persaingan. Dan perusahaan perlu melakukan diversifikasi merek dan model yang ada srta berinovasi terhadap produk.
-          Lepas jenis produk yang lemah
Pada perode ini produk-produk lama  mulai menurun, pasar akan beralih pada produk yang baru dan laba mulai menurun, perusahaan perlu melepas produk yang mulai ketinggalan jaman dan mengganti dengan yang lainnya.

Konsep analisa siklus hidup produk., (david w. cravens, 2. hal. 9)
-          Menjamin mutu produk
-          Mengidentifikasi kelemahan
-          Menyesuaikan ukuran warna dan kemasan
-          Memodifikasi ciri-ciri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar