MENETAPKAN STRATEGI PRODUK
Produk
adalah segala sesuatu yang memiliki nilai disuatu pasar sasaran dimana
kemampuan memberikan manfaat kepuasan termasuk benda, jasa, organisasi, tempat,
orang dan ide., (Cravens. W.D, (1996), “Pemasaran
Strateg”i).
Perusahaan
Dalam memproduksi harus memperhatikan 2
hal, yaitu mutu dan biaya, menciptakan produk yang bermutu akan memberikan
persaingan dan bertahan lama di pasar , sementara dengan memproduksi produk
yang mutu rendah akan melemahkan produk dalam persaingan dengan yang produk
lainya.
Tahap menetapkan strategi produk.
- Mutu produk
- Analisa produk
- Pengembangan produk
1.
MUTU
PRODUK
Menurut W. Edward
Deming bahwa memperbaiki mutu seluruh proses bisnis akan meningkatkan keragaman
produk yang dihasilkan, mengurangi pemborosan tenaga kerja, waktu kerja mesin,
dan pemakaian produk. Dalam menghasilkan produk diusahakan menekan biaya
produksi serendah-rendahnya tampa mengurangi mutu produk.
Tiga Strategi perbaikan mutu,
1.
Budaya mutu
2.
Pandangan bisnis terhadap proses
3.
Metode statistic
2.
ANALISA
PRODUK
Memberikan gambaran pada manajemen dalam strategi produk
3
strategi produk yang harus
dilakukan oleh perusahaan dalam memperbaiki kinerja bisnis, yaitu,
- Memperkenalkan produk baru
- Memodifikasi produk..
- Menghapus produk.
1.1. Memperkenalkan
produk baru
Dalam tahap awal produk yang dimunculkan
harus mampu memenuhi keinginan pasar, 3 strategi yang dilakukan dalam
peluncuran pertama, yaitu, strtegi relung tunggal (single niche strategi), strtegi relung ganda (multiple niche strategi),strategi pasar masal (mass market strategi). Kotler, hal.402)
1.2. Memodifikasi
Produk.
Beberapa langkah dalam memodifikasi
produk, yaitu perbaikan mutu, perbaiki fitur, perbaiki gaya. (kotler, hal, 369)
1.3. Menghapus
produk.
Mengahapus produk yang tidak bisa bersaing
dipasaran agar mencegah perusahaan dari kerugian.
Konsep siklus hidup produk., (kotler, hal.
401)
-
Tawarkan produk baru
Suatu periode perkenalan produk pada
pasar, biaya-biaya besar, laba belum ada
-
Tawarkan perluasan produk, pelayanan, jaminan
Suatu periode peneimaan pasar yang sangat
cepat dan laba meningkat dengan pesat.
-
Diversifikasi merek dan model
Pada fase ini, pertumbuhan penjualan
lambat, laba naik turun, sesuai dengan kemampuan perusahaan dalam melakukan
promosi dan mempertahankan produk dari persaingan. Dan perusahaan perlu
melakukan diversifikasi merek dan model yang ada srta berinovasi terhadap
produk.
-
Lepas jenis produk yang lemah
Pada perode ini produk-produk lama mulai menurun, pasar akan beralih pada produk
yang baru dan laba mulai menurun, perusahaan perlu melepas produk yang mulai
ketinggalan jaman dan mengganti dengan yang lainnya.
Konsep analisa siklus hidup produk., (david
w. cravens, 2. hal. 9)
-
Menjamin mutu produk
-
Mengidentifikasi kelemahan
-
Menyesuaikan ukuran warna dan kemasan
-
Memodifikasi ciri-ciri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar